jump to navigation

Mengapa Manajemen Pemeliharaan 5 Juli 2009

Posted by supardiyo in Manajemen Pemeliharaan.
Tags: , ,
trackback

Pemeliharaan adalah aktifitas yang sangat penting dalam sebuah industri. Tujuannya adalah agar peralatan yang digunakan dalam industri dapat beroperasi sesuai fungsi, kapasitas, dan jangka waktu pengoperasian yang direncanakan, sehingga tidak mengganggu produksi secara keseluruhan.

Muara akhirnya adalah dapat dipenuhinya target produksi baik kuantitas maupun kualitasnya dengan tepat waktu. Oleh karena itu, kegiatan pemeliharaan peralatan industri harus direncanakan dan dikelola dengan baik.

Pentingnya pengelolaan pemeliharaan ini bisa ditunjukkan dengan hasil penelitian di Amerika yang menyatakan bahwa biaya pemeliharaan berkisar antara 15 sampai 40% dari total biaya produksi. Dengan demikian, penghematan di bidang ini akan sangat membantu dalam pengurangan pengeluaran perusahaan. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa sekitar 30% biaya pemeliharaan ini terbuang sia-sia. Banyak perusahaan yang menyediakan terlalu banyak peralatan agar dapat memenuhi jadwal produksi. Ini terjadi karena di banyak perusahaan availability mesin-mesin nya hanya sekitar 50% saja. Jika dilakukan pemeliharaan yang tepat, (misalnya bisa menaikkan availability sampai 90-95%), maka biaya investasi bisa dikurangi.

Alasan utama dari ketidak efektifan ini adalah tidak tersedianya data yang menunjukkan keperluan aktual untuk perbaikan atau pemeliharaan mesin-mesin industri. Di sinilah manajemen pemeliharaan, yang meliputi perencanaan pemeliharaan terpadu, pembiayaan, pengadaan suku cadang dan kontrol kualitas produk, menjadi sangat penting. Untuk itu diperlukan pendidikan profesional di bidang pemeliharaan dengan jenjang master. Jurusan Teknik Mesin dan Industri UGM dengan pengalamannya berusaha memenuhi kebutuhan SDM tersebut melalui Program Magister Sistem Perawatan Peralatan Industri (MSPPI). Dengan demikian diharapkan perusahaan-perusahaan manufaktur maupun jasa di Indonesia, dengan menerapkan “world class maintenance management”, bisa efisien dan reliable sehingga mampu memenuhi target kuantitas dan kualitas produksi yang ditetapkan secara efektif dan efisien.

Iklan

Komentar»

1. andi - 20 Desember 2009

yang termasuk dalam ruanglingkup maintenance itu apa saja?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: